Boku no Hero Academia Dihapus dari Platform Digital Tiongkok (Tencent dan Bilibili)

Dreamer

Moderator
Joined
Jan 12, 2020
Messages
413
Reaction score
52
Points
28
1933482633.jpg

Jadi platfom baca manga resmi Tiongkok seperti Tencent Comics dan Bilibili manga menghapus serial manga Boku no Hero Academia. Karena terkait nama asli karakter villain Daruma Ujiko yang terungkap pada chapter 259 (Boku no Hero Academia) yaitu "Maruta Shiga" yang mendapatkan kecaman dari warga Tiongkok karena membuka kembali luka lamanya pada masa perang dunia II.

Nama "Maruta Shiga" terkait dengan eksperimen manusia pada masa perang dunia II oleh Jepang terhadap Tiongkok dan Korea.

"Maruta" mengacu pada kode nama untuk para korban eksperimen manusia yang dilakukan oleh unit 731 tentara Jepang. "Maruta" dapat diartikan sebagai kayu gelondongan yang masih terkait dengan tempat eksperimen yang dulunya dianggap sebagai pabrik kayu. Para korban, meliputi anak-anak, lansia, wanita hamil, dan orang-orang cacat mental, sengaja diinfeksi penyakit, dibedah, dilobotomi, dan diamputasi saat masih hidup. 😱

Sedangkan karakternya juga terkait dengan eksperimen manusia sendiri. :unsure:

Horikoshi dan Shueisha bersama-sama merilis permintaan maaf pada hari Senin dan berjanji bahwa nama karakter akan diubah di chapter berikutnya dan volume terbarunya. Horikoshi menuliskan dalam permintaan maafnya bahwa dia tidak bermaksud merujuk kejahatan perang Unit 731.

Sebelum penghapusan animenya, halaman bilibili menerimaulasan negatif dengan score 3,7 dari 10.

Abacus menghubungi bilibili dan Tencent mengenai penghapusan manga dari layanannya. bilibili menyatakan bahwa tindakan itu sesuai dengan kebijakan China, tetapi mereka menolak berkomentar lebih lanjut. Sedangkan Tencent tidak menanggapi permintaan komentar Abacus.

Game action mobile RPG mendatang bernama My Hero Academia: Strongest Hero saat ini sedang dalam pengembangan oleh studio Cina Xin Yuan tetapi sejak masalah itu muncul, game tersebut telah dihapus dari halaman studio TapTap. My Hero Academia: Strongest Hero akan menjadi rilis game pertama studio tersebut dan Tencent ditetapkan untuk menerbitkan game. Xin Yuan belum secara resmi mengumumkan pembatalan permainan.

via: ANN, Abacus

benar2 masalah yang ruwet gara2 salah pilih nama, dampaknya kemana2 😓
 

Mandragon

New member
Joined
Feb 2, 2020
Messages
13
Reaction score
3
Points
3
hal seperti ini memang cukup sensitif, apalagi pembaca BnH tidak hanya dari Jepang saja. :whistle:
 
Top